WISATA HERITAGE DI MALANG YANG BELUM DIKETAHUI BANYAK ORANG

Sumber: google


Saat ini Malang semakin mengukuhkan diri sebagai kota Heritage. Bahkan pembangunannya digadang-gadang bakal menyerupai kawasan Malioboro.

Nah, untuk tahap awal pembangunan yang dilakukan oleh Pemkot Malang dengan merevitalisasi salah satu patung yang hanya ada dua di Indonesia salah satunya ya di Malang. Namanya Monumen Chairil Anwar.

Siapa yang tidak kenal Chairil Anwar? Bagi pecinta sastra atau dunia tulis menulis tentunya sudah tidak asing. Ia dikenal sebagai penyair muda Indonesia angkatan 45 dan terkenal dengan puisi Aku dan Ketawang Bekasi.

Monumen ini terletak di kawasan Kayutangan atau tepatnya di Jalan Basuki Rahmad, simpang tiga depan Gereja Katolik Hati Kudus dan Restoran Toko Oen Malang.

Tapi seiring perkembangan zaman, patung ini mulai kurang terlihat dan masih banyak masyarakat sekitar yang kurang tau. Jadi Pemkot Malang memutuskan untuk melakukan pemugaran.

Nantinya patung ini bakal ditinggikan, dan dibuatkan taman supaya bisa dijadikan tempat kumpul pecinta komunitas.

Untuk sejarah pembuatan patung sendiri, digagas oleh seorang intelektual kota Malang, bernama Achmad Hudan Dardiri yang pada tahun 47an berprofesi sebagai Penyelidik Militer Khusus Kesatuan Chu Gakko.

Beliau kagum dan tertarik pada puisi-puisi Chairul Anwar, apalagi yang berjudul Aku dan dianggap sebagai penyemangat perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan.

Dari situlah monumen itu akhirnya terbangun. Pembangunan patung dikerjakan oleh seniman Widagdo.

Monumen itu akhirnya diresmikan oleh Walikota Malang keenam - M. Sardjono Wirjohardjono pada tanggal 28 April 1955. Tanggal itu dipilih bertepatan dengan wafatnya Chairil Anwar.

Kalau nanti monumen ini sudah selesai dipugar pastinya akan semakin cantik dan para komunitas utamanya pecinta tulis menulis akan semakin bangga, karena Malang menjadi kota pertama yang punya patung Chairil Anwar.

#Day(10)
#OneDayOnePost30HRDC
#WritingChallenge30HRDC
#30HariRamadhanDalamCerita
#bianglalahijrah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DUNIA BROADCASTING DAN PERJALANAN MEMULAI KARYA

MENEMUKAN DIRI | IKIGAI DAN ANALISIS SWOT

Intip Keseruan Kegiatan Perkuliahan Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga