Postingan

TIPS MEMILIH FURNITUR RUMAH

Gambar
Halo rek, hari ini (14/01/2022) saya pergi ke Informa untuk membeli perabotan. Kalau di Malang, Informa (rasa-rasanya) menjadi satu-satunya brand furnitur paling hits, kece, dan keren. Lokasinya ada di Malang City Point (MCP) dan Mall Olympic Garden (MOG). Kembali ke perabot, pernah nggak sih bingung harus nyari yang seperti apa? Dulu, sewaktu saya masih belum paham bagaimana mengurus rumah dengan memadukan fungsi dan estetika ya asal milih yang penting fungsinya cocok, jadi barang yang ada kadang ada yang nggak nyambung seperti karpet dan seprei di kamar kosan hehe. Sejak ngekos, entah kenapa jiwa estetik ini bersembunyi jadi yang penting hidup aja gitu 😅. Kalau kamu juga merasakan hal yang sama, berikut beberapa tips ketika akan berbelanja furnitur:  1. Budget. Sebelum membeli, tentukan dulu budget yang kamu punya berapa dan buat catatan apa saja yang akan dibeli. Budget bisa dijadikan patokan agar tidak kalap sewaktu berbelanja. Bahaya banget kan kalau pulang-pulang kantong kering

CARA ATUR DUIT GENERASI KEJEBIT

Gambar
Rek, udah pernah denger istilah generasi sandwich? Kalau belum, generasi sandwich adalah istilah yang menggambarkan kondisi dimana generasi orang dewasa menanggung hidup tiga generasi mulai orang tuanya, diri sendiri dan anaknya. Umumnya, kondisi ini menimpa seseorang dengan rentang usia 30-40 tahun. Istilah generasi sandwich pertama kali dikenalkan oleh Profesor dan direktur praktikum University Kentucky, Lexington, Amerika Serikat bernama Dorothy A. Miller tahun 1981.  Menurut Aging and Elder Care Expert, Carol Abaya ada 3 kategori generasi sandwich yaitu:  1. The traditional Sandwich Generation dengan ciri orang dewasa berusia 40-50 tahun yang dihimpit oleh beban orang tua berusia lanjut dan anak-anak yang masih membutuhkan finansial. 2. The Club Sandwich Generation adalah orang dewasa berusia 30-60 tahun yang dihimpit oleh beban orang tua, anak, cucu (jika sudah punya), dan atau nenek kakek (kalau masih hidup). 3. The Open Faced Sandwich Generation adalah siapapun yang terlibat dal

CARA MENGATASI MARAH

Gambar
Perasaan marah adalah sebuah perilaku sehingga akan ada yang melatarbelakanginya. "Marah adalah perilaku yang didasari oleh latar belakang suatu kejadian." Hal yang melatarbelakangi dibagi menjadi dua yaitu faktor internal dan eksternal atau lingkungan.  Faktor internal dipengaruhi sistem psikofisiologis. Mulai dari tingkat ketahanan fisik, kemampuan berpikir, mengelola emosi, dan kemampuan individu dalam membaca nilai-nilai yang ada di sekitar. Sedangkan faktor eksternal dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sekitar, cuaca, sampai reaksi lingkungan sosial dan lingkungan fisiknya. MANAJEMEN RASA MARAH Sedikit bercerita, dulu sewaktu SD dan SMP saya adalah seorang yang pemarah. Emosi gampang meledak-ledak dan sedikit-sedikit main tangan seperti memukul meja jika sedang marah atau bahkan tidak segan untuk memukul seseorang (biasanya cowok yang jadi samsak haha). Penyebabnya karena saya merasa terancam ketika ada anak laki-laki yang berusaha mengganggu pada saat itu. L

DAPAT KERJA SEBELUM LULUS, NGGAK MUSTAHIL

Gambar
Mendapatkan pekerjaan sebelum lulus studi adalah kebanggaan bagi orang tua dan sebuah pencapaian bagi sang anak.  Bagaimana tidak? Di era industri 4.0 ini, persaingan semakin ketat. Menjadi pintar dalam nilai akademis saja tidak cukup. Rata-rata hrd akan melihat bagaimana softskill calon pegawainya. Screening pertama pasti dilihat berdasarkan nilai lalu merambah kelain-lainnya.  Tenang-tenang. Kalau kamu menemukan artikel ini berarti kamu memang perlu membacanya agar menambah wawasan.   Bapak Robert T Kiyosaki dalam bukunya Rich Dad Poor Dad menjelaskan ada empat quadran sumber penghasilan.  Empat quadran itu adalah employee , self employee, business owner , dan investor. Mari kita bahas apa saja bedanya.  Sumber foto https://images.app.goo.gl/6RZPi4SuSMKDMcDfA 1. EMPLOYEE /  WORKER Menjadi seorang pekerja di sebuah perusahaan adalah jalan tercepat ( read : yang terlihat) untuk mendapatkan uang. Tapi pada kenyataannya, walaupun setiap hari ada puluhan ribu lowongan pekerjaan yang bere

MENEMUKAN DIRI | IKIGAI DAN ANALISIS SWOT

Gambar
Usia dua puluhan identik dengan krisis kepercayaan diri atau quarter life crisis . Akibatnya kita ingin sekali mencari dan terus mencari apa yang menjadi potensi diri kita.  Pencarianpun diwarnai dengan kecemasan, ketakutan, dan ketidakpercayaan pada diri sendiri.  Tenang, kamu tidak sendiri. Berdasarkan riset, orang dengan rentan usia 20-30 tahun akan mengalami  quarter   life crisis . Salah satunya saya sendiri.  Ada banyak metode untuk mengetahui tentang diri kita sendiri dan menemukan apa tujuan kita. Dua cara termudah dengan analisis SWOT dan metode Ikigai. 1. Analisis SWOT Ketika kita belajar tentang entrepreneur pasti hal-hal dasar yang diajarkan adalah tentang analisis SWOT. Strength (Kekuatan) Weaknesses (Kelemahan) Opportunity (Kesempatan) Threats (Ancaman) Ternyata analisis ini tidak cuma berlaku untuk bisnis tapi bisa diaplikasikan dalam kehidupan pribadi. Analisis ini saya mulai saat duduk dibangku SMK. Saya menyadari bahwa cita-cita sebagai psikolog hanyalah angan-an

ABOUT ME

Gambar
Hi there,  Orang-orang biasa memanggil saya dengan sebutan Santi. Nama Lengkap saya Sissanti Nia Karnila dari Malang, Jawa Timur. Iyo, aku arek Ngalam rek haha .  Keseharian saya sekarang selain kuliah, kerja dibagian admin finance, accounting and tax (FAT). Saya juga menulis di blog ini, atau berbagi konten di social media. Kadang-kadang saya juga terjun kelapangan untuk menjadi relawan di Rumah Zakat yang komunitasnya bernama Relawan Nusantara cabang Malang. Dalam blog ini saya sharing soal keuangan mulai dari perencanaan keuangan sampai investasi sampai kehidupan dan tentunya soal Malang Raya tercinta. So, I hope you enjoy it. And if you have any question or you wanna talk to me, please contact me on: Instagram @sissanti_ Youtube sissanti Tiktok @sissanti_ LinkedIn Sissanti Nia Karnila Email sissanti.niakarnila@gmail.com Oh ya, aktivitas lain saya juga jualan loh. Mampir yuk ke toko saya disini atau disini . Kalau temen-temen tertarik untuk belajar keuangan juga bisa banget kesini

KILAS BALIK 2021; FOKUS & PENYEMBUHAN

Gambar
2021 menjadi tahun yang penuh perjuangan untuk benar-benar bangkit setelah dihajar oleh realitas kehidupan.  Pandemi yang melanda Indonesia sejak awal tahun 2020 mengubah segalanya. Mulai dari kebiasaan, gaya hidup dan sebagainya.  Saya pribadi juga mengalami hal yang sama. Sedikit bercerita kondisi psikis di akhir tahun 2020 saya sempat bertemu dengan psikolog. Pada saat itu kondisinya cukup buruk karena kecemasan berlebih bahkan pernah hampir jatuh dari motor karena tiba-tiba ditengah jalan saya mengalami kecemasan hingga kesulitan bernapas dan pusing disertai penglihatan menggelap seketika. Bahkan sampai sekarang, apabila pikiran ini dipenuhi oleh berbagai ketakutan, episode yang sama akan kembali lagi tapi tidak separah waktu itu.  Sebenarnya kunci dari semua kekhawatiran yang berlebihan ini hanya move dengan cara bernafas yang benar.  Coba sekarang kita praktekan.  Tutup mata sejenak.  Lalu tarik nafas dari hidung secara pelan-pelan. Tahan sekitar 5 detik lalu hembuskan secara pe