Recall Memory - Pentingnya Mencatat dan Mengarsip dengan Baik



Hallo, selamat datang di #CeritaSantai


Ternyata terakhir aku posting blog tahun 2022 dan itu berarti hampir 2 tahun yang lalu. Padahal aku beberapa kali - walaupun nggak rutin - tetep nulis tapi selalu berakhir mangkrak di notes karena beberapa hal. Salah satunya menurutku kurang greget - efek terlalu perfeksionis huhu. 


Langsung aja ya, cerita kali ini berkaitan dengan pencatatan dan pengarsipan yang baik. Tapi ini bukan tentang mata pelajaran ya. 


Ini hanya sedikit sharing bahwa ternyata sepenting itu untuk melakukan pencatatan dan diarsip dengan baik.


Contoh kecilnya tentang bisnis. Bagaimana mungkin bisnis berjalan dengan lancar kalau keuangannya nggak dicatat? Kita nggak akan pernah tau bagaimana kinerja tahun sebelumnya, apakah menurun atau meningkat dibanding tahun sekarang. Kapan penjualan terjadi penurunan atau kenaikan dan masih banyak manfaat lainnya dari mencatat.


Tidak hanya dibisnis. Ternyata itu berlaku dikehidupan kita secara pribadi, dan aku merasakan banget manfaatnya. Apalagi kalau pas buka-buka ulang atau bacain lagi, bakalan terbersit 'oh, ternyata aku pernah gini. ternyata aku pernah dapat ini. ternyata aku pernah mencapai ini' dan muncullah berbagai rasa seperti bangga akan diri sendiri karena pernah mencapainya atau bahkan kadang suka kasian sama diri sendiri. Nggak jarang jadi muncul ide dan inspirasi, contohnya saat nulis ini hihi. 


Berikut adalah beberapa manfaat dari mencatat, diantaranya : 


1. Meningkatkan daya ingat. 

Dulu dan mungkin sampai sekarang, yang selalu aku pegang dan suka adalah ketika mencatat dengan tulisan tangan, ini ada riset yang menunjukkan kalau ternyata hal tersebut dapat membuat kita jadi nggak gampang lupa. Ini bisa jadi senam otak dan melatih kemampuan otak biar tidak mengalami kemunduran. Seiring berjalannya waktu dan usia, tidak dipungkiri bahwa ingatan kita akan semakin menurun karena berbagai faktor, misalnya banyak pekerjaan dan kelebihan informasi akibat keseringan scroll medsos. Nah, disinilah pentingnya kita mencatat. Selain membuat tidak mudah lupa, kita juga jadi bisa tau skala prioritas.

2. Mengingat informasi. 

Seringkali, kita lupa akan sesuatu hal padahal itu baru aja terjadi. Makanya kita perlu bantuan dengan mencatat segala sesuatunya apalagi kalau ada hal-hal yang detail jadi memudahkan kita. Nggak jarang, aku mau ngobrol hal yang penting sama suami aja aku catat dulu apa aja poin-poin yang mau diomongin haha. Entah kenapa, setelah menikah dan mau jadi ibu jadi gampang lupa. Kalau nggak salah istilahnya mother brain

3. Meningkatkan produktivitas. 

Dengan mencatat, kita jadi bisa lebih fokus dengan hal-hal yang penting dan mengesampingkan hal-hal yang dirasa tidak urgen. Selain itu, mencatat juga bikin lebih efisien dan praktis karena semua jadi terlihat jelas. Misalkan, hari ini kita mau ngapain aja, dibuatlah skala prioritas biar tau dan terukur kemampuan diri dihari itu bisa ngapain aja. Jadi kalau misalkan ada hal-hal yang nggak penting-penting amat bisa kita skip dulu biar nggak jadi beban dan bikin kita kelihatan malah nggak profesional atau menghargai orang lain. Memang sih, kadang ada hal-hal yang tidak bisa kita hindari ada kejadian diluar kuasa kita. Tapi dengan mencatat, insyaallah itu bisa diminimalisir misal dialihkan atau pindah jadwalkan dan sebagainya. 


Cerita santai kali ini kita akhiri sampai disini dulu yaa. Semoga nanti bisa lebih konsisten lagi. Sampai jumpa. 


Tags : 

#mencatat

#mengapa kita perlu mencatat proses dan hasil evaluasi dan refleksi

#jurnal adalah buku untuk mencatat

#mencatat adalah

#aplikasi untuk mencatat

#mencatat buku agenda

#mencatat efektif

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DUNIA BROADCASTING DAN PERJALANAN MEMULAI KARYA

MENEMUKAN DIRI | IKIGAI DAN ANALISIS SWOT

Intip Keseruan Kegiatan Perkuliahan Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga