Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Sumber: google


Bulan Ramadhan merupakan bulan yang mulia dan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Untuk tahun ini, awal Ramadhan diperkirakan jatuh pada awal Mei 2019. 

Pada bulan ini, semua amal kebaikan dilipat gandakan pahalanya. Setiap pintu neraka ditutup dan dibukakan setiap pintu surga. 

Saat ini, seluruh Muslim juga sudah mulai mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut Ramadhan. Adapun hal-hal yang perlu disiapkan, diantaranya:

1. Niat; Meluruskan niat berpuasa yaitu berpuasa semata-mata karena Allah Ta'ala

2. Memperbanyak taubat; Seringkali manusia lalai dan berbuat salah, baik itu disengaja ataupun tidak. Oleh sebab itu alangkah baiknya kembali menata hati dan memohon ampun kepada Allah Ta'ala.

3. Berdoa agar dipertemukan dengan bulan Ramadhan.

”Mereka (para sahabat) berdo’a kepada Allah selama 6 bulan agar mereka dapat menjumpai bulan Ramadhan." Lathaaiful Ma’arif hal. 232.

3. Bersegera mengganti atau meng-qadha puasa Ramadhan ditahun sebelumnya.

Sebagaimana Aisyah Radhiallahu 'anha berkata, "Saya pernah mempunyai hutang puasa Ramadhan, dan Saya tidak mampu meng-qadhanya sampai bulan Sya'ban tiba." HR. Muslim.

4. Mempelajari hukum agama tentang Ramadhan.

5. Mempersiapkan diri dengan amalan baik dan menjauhi amalan yang menjadikan puasa terasa berat seperti menjaga kesehatan dan memperbanyak puasa sunnah, utamanya di bulan Sya'ban. 

Aisyah Radhiallahu 'anha mengatakan, "Saya tidak pernah melihat Nabi Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam lebih banyak berpuasa kecuali dibulan Sya'ban." HR. Bukhari.

6. Meninggalkan segala sesuatu yang berhubungan dengan perselisihan.

7. Persiapan finansial. Ini penting dilakukan, supaya sewaktu memasuki bulan Ramadhan lebih fokus dalam beribadah. Apalagi setiap muslim dianjurkan untuk memperbanyak bersedekah sebagaimana Ibnu Abbas Radhiallahu 'anhu berkata, ”Nabi Shalallahu ‘alaihi Wassallam adalah orang yang paling dermawan, dan beliau lebih dermawan pada bulan Ramadhan.” H.R Bukhari dan Muslim.

Ramadhan sudah semakin dekat, maka segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Harapannya, dengan ibadah yang optimal maka Allah Ta'ala akan menerima amalan baik. Selain itu, semoga masih bisa dipertemukan dengan Ramadhan tahun ini dan tahun-tahun berikutnya. 

Baca Juga : Mengelola Keuangan Untuk Hari Kemenangan

Komentar

  1. Yeaay, semangat ramadhan <3

    Btw, saling follow yuk mbak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat Ramdhan 💃
      Sudah di follow ya kak 😊
      Keren nih blognya

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DUNIA BROADCASTING DAN PERJALANAN MEMULAI KARYA

MENEMUKAN DIRI | IKIGAI DAN ANALISIS SWOT

Intip Keseruan Kegiatan Perkuliahan Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga