MENU MAKANAN ALA ANAK KOST

Sumber: imajinasi tidak terbatas

  
Berbicara perihal anak kost identik dengan kekreatifan karena dilandasi oleh keterbatasan. Apalagi anak kost tipe rakyat jelata, harus pinter otak untuk bertahan hidup dengan memanfaatkan kiriman uang saku dari orang tua. Sebisa mungkin tidak boleh boros. Tapi apa mau dikata, realita tidak seindah ekspektasi.

Seringnya, diawal bulan uang saku dihambur-hamburkan dengan membeli hal-hal yang diinginkan. Seperti makan enak, beli ini itu yang sekiranya menarik mata. Begitu diakhir bulan udah ngenes deh karena kantong kering. Bahkan, kadang baru ditengah bulan saja sudah merana gara-gara uang nipis. Kalau gitu salah siapa dong? Salah emak yang ngirimnya dikit? Salah si anak yang kalap mata? Sudahlah tidak perlu berdebat mencari siapa yang salah dan benar.

Harusnya selama merantau menjadi mahasiswa, kita sudah bisa belajar hidup mandiri. Mandiri mengatur keuangan, mandiri mengatur waktu, dan mandi sendiri heheh. Nah, biar kita sebagai anak kost tidak boros-boros amat. Ada beberapa hal yang bisa kita akali untuk meminimalisir pengeluaran salah satunya menu makan.

Tipsnya sebenernya cuma satu, belajar masak sendiri. Sebelumnya kita belajar hitung-hitungan dulu nih. Kita bandingkan kalau membeli makanan diluar dengan memasak sendiri. Kalau kita membeli makanan, satu kali makan minimal yang termurah 8 ribu dengan lauk lalapan tahu tempe dikali 2 karena biasanya anak kost makannya siang sama malem aja totalnya 16 ribu untuk satu hari dikali 30 hari total keseluruhan 480 ribu. 

Bandingkan ketika memasak sendiri.
- Beli tempe 1 buah 2 ribu
- Beli bumbu racik tempe 2 ribu
- Beli minyak yang botolan merk kuda 9 ribu
- Beli beras 1 kg 10 ribu

Totalnya 23 ribu. Terlihat lebih besar ketika memasak sendiri memang, tapi untuk minyak dan beras bisa dibuat berkali-kali. Jadi kita hitung lagi dengan lebih terperinci ya. Anggab saja minyaknya sekali pakai 2 ribu dan beras satu kali masak 3 ribu jadi totalnya cuma 9 ribu. lebih hemat 50 persen bukan?


Tabel 1.1 Perhitungan Perbandingan  


Beli Makan
Vs
Masak Sendiri
8 ribu x 2 = 16 ribu
16 ribu x 30 hari = 480 ribu

2 ribu + 2 ribu + 2 ribu + 3 ribu = 9 ribu
9 ribu x 30 hari = 270 ribu


Selain lebih hemat, sampah yang dihasilkan juga lebih sedikit. Kalau kita membeli makanan dari luar, maka sampah yang dihasilkan adalah plastik berlapis-lapis, lalu ditambah sampah makanan kalau tidak habis atau dirasa tidak enak. Kalau memasak, tentunya hanya sampah bekas memasak saja bukan. Jelas ini memberikan kesempatan pada bumi untuk bernafas karena sampah berkurang.

Setelah sedikit penjelasan diatas, berikut ini beberapa rekomendasi bahan makanan yang praktis dan bisa disimpan selama beberapa saat, diantaranya:

1. Telur
Telur ini sumber protein yang bisa dimasak dengan berbagai varian yang sudah bukan rahasia lagi. Bisa dadar endog, telur mata sapi, dicampur mie atau berbagai olahan lainnya seperti telur asin. Endog yang segera dimasak dalam kurun 3-4 hari tidak perlu disimpan dikulkas. Selebihnya disimpan dikulkas saja.

2. Nugget
Masih soal sumber protein, nugget banyak macamnya. Mulai dari nugget ayam, tempe dan lain sebagainya. Kalau mau tips cara bikin sendiri juga bisa dilihat disini. Praktis tinggal goreng juga sewaktu-waktu. Cara menyimpannya di freezer dalam kulkas.

3. Sosiz
Sumber protein yang lain juga, sudah bukan rahasia lagi. Sosiz banyak macam juga, bisa diolah menjadi beragam masakan yang enak dan mudah. Atau mau digoreng saja dicocolin sambal juga mantul.

4. Kornet
Sebelas dua belas dengan sosiz, kornet juga bisa diolah dengan beragam cara seperti resep rendang pelangi yang bisa dilihat disini. Kornet bisa disimpan dalam suhu ruang atau di dalam kulkas.

5. Kentang
Kenapa ini bisa jadi bahan andalan, karena selain sebagai lauk, kentang juga bisa diolah menjadi pengganti karbohidrat atau jajanan, donat misal. Ya agak ribet sih untuk ukuran anak kost apalagi yang mager kayak aku. Tapi kelebihan dari kentang adalah bisa disimpan di suhu ruang selama berhari-hari dan tidak busuk.

6. Abon
Mau dimakan langsung bisa, dicampur kedalam masakan juga bisa. Dibuat jajanan rolade misal. Nanti kapan-kapan akan aku bikinin resepnya dan bisa dicoba. Diupdate disini biar gampang nyarinya. Bisa disimpan di suhu ruang atau dalam kulkas.

7. Mie
Ini udah tidak bisa diganggu gugat. Apalagi mie Ind*mie udah juara dihati eneng. Dimasak waktu hujan pakai telur sama sayur sawi hmmmm jadi ngiler. Salah satu varian menu yang bisa dicoba bisa dilihat disini. Cukup disimpan disuhu ruang saja.

Mungkin cukup sedikit itu dulu, karena kalau diprintili ada banyak bahan makanan praktis yang bisa diolah jadi makanan super duper enak tergantung kitanya mau usaha atau tidak. Ingat juga ketika memasak jangan pernah takut gagal karena itu adalah kuncinya.

Selamat memasakkkk. Memasak mudah dan simple ala anak kost.

Oh ya lupa, tips memasak ala anak kost sebisa mungkin akan diupdate setiap hari sabtu. Pokok dunia permasakan yang akan dibahas. Untuk nama kontennya belum ketemu sih. Kali aja ada ide? Sila bantu di kolom komen. Resep masakan lainnya bisa dilihat disini. Matur nuhun.



#Day(2)
#OneDayOnePost30HRDC
#WritingChalenggeHRDC
#30HariRamadhanDalamCerita
#RamadanDitengahPandemi


Komentar

  1. wiw. cocok ni buat temenku yang masih di kosan :)

    BalasHapus
  2. Jangan lupa makan mie everyday ya kak

    BalasHapus
  3. wah bermanfaat betul tips ala anak kost ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, senang kalo bisa bermanfaat 😊

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DUNIA BROADCASTING DAN PERJALANAN MEMULAI KARYA

MENEMUKAN DIRI | IKIGAI DAN ANALISIS SWOT

Intip Keseruan Kegiatan Perkuliahan Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga