Intip Keseruan Kegiatan Perkuliahan Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga

Sumber: dokumentasi kelas 3d APK Polinema


Mahasiswa jurusan administrasi niaga adalah potret generasi yang dicetak untuk mampu berkontribusi nyata ke dalam masyarakat melalui dunia usaha. Dengan berbagai standart kompetensi yang diajarkan, membuat lulusan administrasi niaga mampu bersaing di dunia usaha. Baik dalam segi pengetahuan maupun segi kemampuan. 

Menjadi mahasiswa jurusan administrasi niaga dituntut untuk selalu berpenampilan menarik (grooming). Tidak cuma itu, mahasiswa administrasi dituntut untuk selalu pro aktif dan inovatif. Dan biasanya, mahasiswa jurusan administrasi identik dengan para perempuan. 

Beberapa kegiatan perkuliahan mahasiswa jurusan administrasi niaga, diantaranya: 

1. Mempelajari surat menyurat
Ini adalah kompetensi dasar seorang mahasiswa jurusan administrasi. Seorang mahasiswa administrasi dituntut untuk menguasai proses surat menyurat, mulai dari cara membuat sampai nantinya diterima oleh yang bersangkutan. Adapun skill yang dibutuhkan selain pengetahuan tentang surat menyurat yaitu keyboarding skill atau biasa disebut dengan mengetik 10 jari. Skill ini adalah skill yang paling dasar seorang admin. Hal itu untuk membantu seorang admin dalam mengerjakan tugas-tugasnya.

2. Filling System (Sistem Kearsipan)
Tanpa disadari, kompetensi ini sering dipakai masyarakat dalam mengerjakan tugas sehari-hari, seperti menyimpan pakaian berdasarkan warna atau yang lainnya. Sistem kearsipan adalah suatu cara atau serangkaian proses dalam menyimpan suatu dokumen dengan menggunakan klasifikasi tertentu. Ada lima klasifikasi dalam pengarsipan, yaitu berdasarkan sistem subjek, abjad, wilayah, nomerik, dan tanggal. 

3. Handling Telephone 
Seorang admin harus menguasai cara pengoperasian telepon yang baik dan benar berdasarkan prosedur yang ditentukan. Pengoperasian disini meliputi tata cara menerima telepon dan menelepon relasi bisnis.

4. Membuat Laporan Keuangan dan Perpajakan
Kompetensi ini biasanya identik dengan seorang akuntan, tapi mahasiswa jurusan administrasi niaga juga harus mampu menguasainya. Biasanya dalam sebuah laporan keuangan yang dasar terdiri dari jurnal, neraca dan laporan laba rugi. Kemudian mengoperasikan perangkat lunak atau aplikasi yang berhubungan dengan laporan keuangan, biasanya memakai aplikasi MYOB. Untuk perpajakannya, biasanya mempelajari tentang PPh 21, 22, 23, dan 25 tergantung dari standart kompetensinya.

5. Membuat Strategi Pemasaran dan Sebuah Brand


Sumber: dokumentasi tugas 2d apk

Karena seorang lulusan administrasi juga dicetak untuk mampu menjadi seorang entrepeneur, maka mahasiswa harus mampu menciptakan sebuah produk dan menentukan strategi pemasarannya. Biasanya teori yang digunakan adalah marketing mix. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan cara mendesain dengan audio visual atau visual (penggunaan corel draw, photoshop, macromedia flash, dll) 

6. Membuat Perencanaan atau Manajemen Personalia
Kegiatan yang biasa ditangani oleh karyawan HRD adalah membuat analisis dan perencanaan penerimaan pegawai, merencanakan kontrak pegawai, training yang diberikan kepada pegawai yang lulus kualifikasi, reward dan punishment yang diberikan kepada pegawai, dan masih banyak lagi hal-hal yang berhubungan dengan kepegawaian.

7. Membuat Sebuah Web Sederhana
Dengan memanfaatkan aplikasi gratis yang tersedia seperti PHP MySQL, Dreamwiever, Notepad atau Notepad ++. Nantinya web yang sudah dibuat diupload disebuah portal gratis.

8. Membuat Sebuah Event
Ini adalah hal yang paling menantang sepanjang perkuliahan. Karena mahasiswa dituntut untuk berperan selayaknya sebuah EO profesional. Mahasiswa biasanya diberikan sebuah projek berkelompok. Kelompok ini diharuskan membuat sebuah event, lingkupnya bisa lokal, atau nasional. Mahasiswa harus mampu menyusun proposal kegiatan, merealisasikannya dan mengevaluasinya. Beberapa event yang sudah pernah dikerjakan, diantaranya:

1.) Entrepreneur Festival

Sumber: Instagram _imamaji

Ini adalah projek gabungan dari mahasiswa prodi d3 dan d4. Konsepnya sebuah pameran bisnis karya mahasiswa jurusan administrasi niaga sendiri. Dalam pameran ini juga menghadirkan beberapa band indi asal Malang.

Sumber: dokumentasi dance cover competition 3d apk

Event terpecah se-Polinema setelah event Galaxy yang diselenggarakan oleh sebuah UKM yang ada di Polinema (kata orang-orang sih gitu, heheh). Untuk penyelenggara Dance Cover Competition adalah mahasiswa kelas 3D APK. Dan antusias dari anak-anak muda juga besar sekali. Para peserta bahkan ada yang dari luar Malang. 

2.) Pameran Produk

Sumber: dokumentasi kegiatan pameran 3d apk

Sumber: dokumentasi kegiatan cook tail party 3d apk

Dalam event ini, mahasiswa harus menggandeng sebuah perusahaan untuk ditampilkan dalam pameran yang bertajuk ... (ahh, maaf penulis lupa heheh. pokoknya topiknya mahasiswa harus mampu membuat MOU dengan sebuah perusahaan). Tidak cuma itu, mahasiswa juga harus membuat brand sendiri dan dikemas dalam bahasa inggris, mulai dari company profile sampai presentasinya juga. 

9. Study Exchange (SE) 


                                             Sumber: dokumentasi kegiatan SE ke Polban 

Ini adalah kegiatan main-main dan seru-seruan bareng. Mainnya juga tidak kesembarang tempat, tapi ke perusahaan-perusahaan ternama seperti KAO, Indihome, Coca-cola, dan masih banyak lagi. Selain itu, juga mengunjungi perguruan tinggi sejenis untuk melihat kegiatan, sarana dan prasarana di perguruan tinggi tersebut. Dan kegiatan diakhiri dengan berpetualang ke negeri entah berantah :-D

10. Makrab dan Promnight
Makrab ditujukan untuk mahasiswa baru (yang masih unyu-unyu), katanya sih untuk ajang saling mengenal. Panitianya juga berasal dari mahasiwa baru jurusan administrasi niaga. Sementara untuk promnight, as you know, kegiatan penutupan dan pelepasan mahasiswa akhir (tapi ini khusus prodi aja sih dan tidak wajib bawa gandengan kok heheh...)  

11. Presentasi
Kegiatan ini untuk mengembangkan public speaking mahasiswa. Hampir setiap mata kuliah ada kegiatan presentasi ini. Jadi, jangan kaget kalau nantinya sedikit-sedikit disuruh presentasi. 

12. Kegiatan Jurnalistik
Sebenarnya ini lebih ke kegiatan Humas atau Public Relation (PR) sih. Tapi memang kegiatannya hampir mirip jurnalistik dan ada materi jurnalistiknya juga. 

Sebenarnya masih banyak lagi keseruan kegiatan mahasiswa jurusan administrasi, tapi masih dibagi-bagi ke dalam mata kuliah yang tidak bisa disebutkan satu-satu. 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

DUNIA BROADCASTING DAN PERJALANAN MEMULAI KARYA

MENEMUKAN DIRI | IKIGAI DAN ANALISIS SWOT