Ini Prospek Kerja Lulusan Administrasi Bisnis

Sumber: google.com


Dulu, lulusan administrasi identik menjadi seorang sekretaris. Tapi, seiring dengan berjalannya waktu, lulusan administrasi tidak lagi dipandang seperti itu. Sekarang, lulusan administrasi bisa terjun ke berbagai bidang.

Pada dasarnya, administrasi bisnis atau biasa disebut administrasi niaga adalah suatu bidang studi yang mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan operasional perusahaan.

Adapun kegiatan yang berhubungan dengan administrasi bisnis yaitu, pemasaran atau marketing, pengelolaan keuangan, personalia, bahkan sistem informasi.

Beberapa jenis pekerjaan yang bisa didapat setelah lulus dari jurusan administrasi bisnis, adalah:

1. Staf Administrasi 
Di dalam sebuah perusahaan pasti dibutuhkan seorang tenaga administrasi, seperti admin umum, admin keuangan, admin gudang, dan masih banyak lagi. 

Tugas seorang admin juga beragam, mulai dari membuat surat, merekap data sampai mengarsip dokumen. Dan untuk mengerjakan hal itu, dibutuhkan ketelitian dan ketepatan dalam mengolah data.

2. Staf Sumber Daya Manusia
Biasa disebut Human Resource Development (HRD), tugas yang dibebankan mulai dari persiapan perekrutan karyawan, training karyawan, sampai pemberian reward kepada karyawan. 

3. Staf Pemasaran 
Karena sewaktu menempuh pendidikan, seorang lulusan administrasi bisnis dibekali dengan mata kuliah manajemen pemasaran, sehingga tidak menutup kemungkinan bisa bekerja dibidang pemasaran. Nantinya kegiatan yang dilakukan, seperti membantu manajer pemasaran dalam kegiatan administrasi pemasaran. Bahkan juga membantu dalam membuat konsep pemasaran.

4. Staf Keuangan 
Bukan cuma lulusan akuntansi atau keuangan saja, lulusan administrasi bisnis juga bisa menjadi seorang staf keuangan, karena memang dibekali dengan mata kuliah yang berhubungan dengan keuangan, seperti akuntansi sampai perpajakan. 

5. Staf IT
Jangan salah, kuliah di jurusan administrasi bisnis juga dibekali dengan ilmu dasar tentang pengelolaan database, dan membuat web sederhana. Sehingga tidak menutup kemungkinan kalau nanti bekerja sebagai seorang staf IT, tapi dengan catatan harus mengembangkan skill itu supaya bisa berkreasi lebih baik lagi.

6. Entrepreneur
Seorang lulusan administrasi bisnis tidak cuma bisa menjadi seorang staf, tapi pastinya juga bisa menjadi seorang pebisnis, karena sudah dibekali dengan kemampuan manajemen sehingga bisa membangun usaha sendiri. 

7. Dosen atau Tenaga Pengajar
Saat ini, untuk menjadi seorang tenaga pengajar atau dosen, diwajibkan minimal pendidikan S2 atau tergantung kebijakan dari instansi terkait. Bahkan ada juga seorang lulusan diploma di rekrut untuk menjadi seorang tenaga pengajar. Dengan catatan, menyukai dunia anak-anak dan senang belajar.

8. Sekretaris
Nah, kalau profesi ini, identik sekali dengan standart masyarakat jaman dulu. Karena memang, kegiatan sekretaris diantaranya, membuat jadwal pimpinan, dan menjadi tangan kanan pimpinan.

9. Customer Service Officer
Seorang lulusan administrasi bisnis juga bisa menjadi seorang customer service. Karena sewaktu menempuh pendidikan administrasi pasti dibekali mata kuliah menerima telepon sampai pelayanan prima. Hal itu adalah kompetensi dasar seorang customer service yang baik.


Ternyata banyak sekali ya pilihan pekerjaan untuk seorang lulusan administrasi. Jadi, untuk lulusan administrasi atau yang masih menempuh pendidikan jurusan administrasi, jangan pesimis atau berkecil hati. Masih banyak pekerjaan yang bisa diraih setelah lulus dari jurusan administrasi. 

Apapun pilihan pekerjaan yang dituju, yang penting adalah keuletan dan kegigihan dalam meraihnya. Selalu berusaha dan berjuang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Jangan lupa libatkan Tuhan dan orang tua :-)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

DUNIA BROADCASTING DAN PERJALANAN MEMULAI KARYA

MENEMUKAN DIRI | IKIGAI DAN ANALISIS SWOT

Intip Keseruan Kegiatan Perkuliahan Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga