Tips Memilih Judul Skripsi


Sumber: google.com


Halo mahasiswa tingkat akhir... Lagi bingung cari judul skripsi yang cocok? Atau lagi galau harus memilih judul yang mana? Yuk !!! simak beberapa tips yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Cari judul yang masih jarang atau anti-mainstream.

Sebenarnya ini tergantung pilihan sih, karena walaupun memilih judul yang sudah umum juga tidak ada larangan. Hanya saja, nanti skripsinya yaa umum-umum saja. Toh banyak yang sudah membahas hal itu. 

2. Perbanyak referensi dan sesuai dengan bidang keahlian.

Ini penting banget, karena ketika tidak menguasai sesuatu hal, maka akan menyebabkan kebingungan akut. Dan tanpa referensi juga tidak akan punya pandangan, si skripsi mau dibawa kemana. Sementara untuk referensinya bisa cari dari e-jurnal (nasional dan internasional), atau perpustakaan.

3. Sesuaikan dengan kesanggupan.

Nah, hal ini terbagi menjadi 3, yaitu:
1.) Waktu, karena ini berpengaruh sekali pada pelaksanaan skripsi. Karena semakin sulit judul skripsi yang diambil, maka butuh waktu yang lama juga dong untuk menyelesaikannya.

2.) Data, ini juga sangat berpengaruh terhadap lama pengerjaan skripsi. Karena kalau data sukar dicari, juga semakin lama waktu penyelesaiannya. Data ini bisa dari obyek atau bahkan literasinya. Karena kalaupun obyek mudah didapat, belum tentu buku yang dijadikan referensi juga mudah didapat. Jadi pastikan data obyek dan literasi masih mampu didapat dengan tempo waktu yang cepat.

3.) Biaya, jangan dilupakan hal ini. Kalaupun dari segi waktu dan data menyanggupi. Tapi bagaimana dengan anggaran dana? Karena memang ada beberapa penelitian yang membutuhkan dana yang tidak sedikit.

4. Bermanfaat. Jadi, pilih judul yang hasil penelitiannya nanti memberikan manfaat. Baik untuk diri sendiri, ataupun orang banyak. Karena salah satu tugasnya mahasiswa adalah menerapkan Tridharma Perguruan Tinggi.

5. Sering meminta saran dan pendapat. Bisa dilakukan kepada dosen atau senior yang sudah lulus. Karena dengan begitu, maka bisa memberikan pencerahan.

6. Shalat istikharah dan berdoa. Ketika judul udah didapat tapi masih bingung mau pilih yang mana, jangan lupa berdoa dan shalat. Biar dikasih petunjuk kira-kira yang mana baiknya. Biar tidak salah pilih.

"Dan apabila hamba-hamba Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasannya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran." QS. Al-Baqarah 186






Komentar

Postingan populer dari blog ini

DUNIA BROADCASTING DAN PERJALANAN MEMULAI KARYA

MENEMUKAN DIRI | IKIGAI DAN ANALISIS SWOT

Intip Keseruan Kegiatan Perkuliahan Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga