MUSEUM UNIK DI MALANG


Sumber: google

Malang selalu punya berbagai cerita, tidak cuma pendidikan, kuliner, tapi juga tempat wisata, mulai dari wisata air, pegunungan, bahkan buatan. Semuanya lengkap ada di Malang Raya.

Nah, kalau berbicara destinasi wisata utamanya sejarah khususnya museum, masyarakat pasti familiar dengan museum angkut dan museum Brawijaya. Tapi kali ini, kita bahas yang belum terlalu dikenal masyarakat, diantaranya:

1. Museum MPU Purwa 
Berada di Jalan Soekarno Hatta Perumahan Griya Santa Blok B 210 kota Malang. Bagi pecinta sejarah dan budaya, bisa mengunjungi museum ini. Koleksinya juga beragam, berasal dari peninggalan zaman Hindu-Buddha. Ada prasasti, arca, batu-batuan, dan masih banyak lagi.

2. Museum Musik Indonesia
Museum ini masih belum banyak diketahui orang, padahal merupakan satu-satunya museum musik di Indonesia. Lokasinya di Jl. Nusakambangan 19 Kasin Klojen Kota Malang.

Ditempat ini, koleksinya ada 17 ribu lebih. Sebagian besar merupakan piringan hitam, kaset, CD, VCD, dan dokumentasi lainnya yang berkaitan dengan musik.

3. Museum Zoologi Frater Vianney
Berlokasi di Jalan Karang Widoro 7 Doro Karangwidoro Dau Malang.

Sesuai namanya, museum ini punya beragam koleksi hewan. Pengunjung bisa belajar ilmu kongkologi atau ilmu hewan serta kerang-kerangan dan segala sesuatu tentang perhewanan.

4. Museum Kesehatan Jiwa RSJ Dr Radjiman Wediodiningrat
Alamatnya di jalan Ahmad Yani Lawang Kabupaten Malang dan masih satu lokasi dengan RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJW).

Museum ini merupakan museum kesehatan jiwa pertama dan satu-satunya di Indonesia. Koleksinya ada bermacam-macam peralatan terapi sakit jiwa, berbagai foto dan dokumen sejarah berdirinya RSJ.

5. Museum Bentoel Malang
Museum ini masih satu lokasi dengan pabrik rokok Bentoel, di jalan Wiro Margo 32 Klojen Kota Malang.

Ketika memasuki museum ini, pengunjung bisa belajar tentang perjuangan hidup Ong Hok Liong, pendiri PT Bentoel. Selain itu, museum ini juga penuh dengan sejarah Belanda.

Rasa-rasanya museum ini cocok untuk orang yang mau membuka usaha atau berwirausaha. Mengingat sejarah panjang tentang Bentoel yang patut dicontoh.

Lengkap sekali ya Malang? Mau belajar apapun bisa, mau makan apa saja tersedia, mau berwisata apalagi.

Selamat berwisata sambil belajar.

#Day(16)
#OneDayOnePost30HRDC
#WritingChallenge30HRDC
#30HariRamadhanDalamCerita
#bianglalahijrah

Komentar

  1. jalan2 ke museum itu memang asik sekaligus sambil belajar.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DUNIA BROADCASTING DAN PERJALANAN MEMULAI KARYA

MENEMUKAN DIRI | IKIGAI DAN ANALISIS SWOT

Intip Keseruan Kegiatan Perkuliahan Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga