LANGKAH PERTAMA


Sumber: dokumentasi pribadi

Minggu (23/06/19) Saya dan kawan-kawan relawan Nusantara Malang melakukan pendakian ke gunung Panderman Batu.

Kami berangkat dari Malang sekitar jam 7 pagi, dan sampai sekitar jam 8 pagi. Nahasnya, sebagian dari kami mengendarai motor matic. Alhasil, kami harus berjalan kaki untuk sampai di pos awal. Dari sinilah perjalanan kami dimulai.

Awalnya cuaca masih terasa dingin menusuk tulang, namun karena medan yang didaki sangat menanjak kami semua mulai merasa kepanasan dan tidak nyaman. Peluh sudah mulai bercucuran.
Berkali-kali kami harus berhenti karena kelelahan. Musabab rata-rata dari kami baru pertama kali melakukan pendakian. Bahkan saya, juga baru pertama untuk usia kepala duaan.

Setelah menghabiskan beberapa jam, akhirnya sampailah kami semua di pos awal pendakian. Walaupun peluh sudah bercucuran, tapi semangat justru tidak tersurutkan.

Kamipun melanjutkan perjalanan. Untuk awal-awal perjalanan jujur saya merasa ingin menyerah. Medan yang menanjak ditambah debu yang membuat pernafasan semakin sesak sempat mematahkan harapan saya walaupun sudah berkali-kali diistirahatkan.

Tapi ketika ditengah perjalanan, melihat hamparan kota yang bertaburan dan rimbunnya pepohonan serta kawanan kera yang menyambut kedatangan, seolah memberi kekuatan bagi jiwa yang kelelahan.

Sampai akhirnya kami sampai di Latar Ombo 1600 mdpl. Ada kepuasan tersendiri setelah melalui berbagai drama disepanjang perjalanan.

Perjalanan kali ini, bukan tentang gaya-gayaan untuk sekedar upload di media sosial, tapi lebih dari itu.

Berawal dari perjalanan sederhana ini, kami utamanya saya mendapat hal yang tak bisa disamai; perihal diri, ciptaan Illahi dan keluarga baru yang siap berbagi.

Perihal mendaki, tidak cukup bermodal nekat. Perlu kesiapan fisik dan mental yang mumpuni. Karena tidak ada yang tau apa yang akan terjadi ketika mendaki nanti.

Walau begitu, jangan menyerah atau risau. Tersebab mendaki akan terasa nagih.

Memang awalnya akan terasa berat, tapi tenang. Semua akan terbayar pada akhirnya.

Selamat mencoba yaa 😘

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DUNIA BROADCASTING DAN PERJALANAN MEMULAI KARYA

MENEMUKAN DIRI | IKIGAI DAN ANALISIS SWOT

Intip Keseruan Kegiatan Perkuliahan Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga