SEJARAH KOTA MALANG TERCERMIN DALAM GORESAN BATIK

Sumber: google

Sudah tau belum kalau Malang juga punya batik yang khas? Namanya Batik Malangan.

Katanya, dulu awalnya batik cuma dipakai waktu upacara adat, dengan corak yang didominasi simbol Sidomukti Malang, yang mana bagian tengah ada hiasan kotak putih dengan istilah Modhang Koro.

Seringnya corak ini dijumpai pada udheng (ikat kepala) untuk lelaki dan sewek (rok) untuk perempuan.

Batik ini punya tiga ciri utama, yaitu motif dasar berupa gambar atau unsur candi badut. Motif isen-isen bergambar tugu Malang dan rambut singa sebagai lambang Kabupaten Malang. Lalu motif hias dibagian pinggir kain batik berupa tiga buah sulur bunga dan kebanyakan bunga teratai yang membentuk pola rantai.

Sementara untuk ragam motif yang sudah banyak dikenal dan diperjual belikan ada motif batik malang sawat kembang pring, kucecwara, celaket, dele kecer, kembang kopi, teratai singo, kembang juwet, kembang jeruk, dan masih ada beberapa yang lainnya.

Untuk salah satu sentra batik yang terkenal berada di Desa Druju kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang.

Sentra ini terkenal karena teknik pembuatannya yang berbeda dari batik lainnya yaitu dengan cara menorehkan motif batik setelah dijahit menjadi busana.

Untuk warnanya juga identik, yaitu warna hitam yang lebih pekat dibanding batik lainnya. Salah satu motif andalannya yaitu motif batik seribu mimpi.

#Day(27) 
#OneDayOnePost30HRDC
#WritingChallenge30HRDC
#30HariRamadhanDalamCerita
#bianglalahijrah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DUNIA BROADCASTING DAN PERJALANAN MEMULAI KARYA

MENEMUKAN DIRI | IKIGAI DAN ANALISIS SWOT

Intip Keseruan Kegiatan Perkuliahan Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga